
Pasar XAUUSD minggu ini benar-benar diguncang sentimen ekstrem. Terjadi tarik-menarik kuat antara faktor fundamental makro dan pergerakan teknikal.
Berikut rangkuman faktor pemicunya:
- Safe-Haven vs Suku Bunga: Eskalasi konflik Timur Tengah seharusnya mendorong daya tarik emas. Sayangnya, potensi lonjakan energi memicu ketakutan inflasi, sehingga spekulasi kenaikan suku bunga The Fed kembali mendominasi.
- Dolar & Yield Obligasi: Rilis inflasi AS sempat memberi napas segar untuk buyer, tapi langsung dipatahkan oleh kokohnya indeks Dolar (DXY) dan tingginya imbal hasil obligasi AS.
- Tekanan Teknikal: Akibat tekanan tersebut, harga gagal mempertahankan area resistance $4.138. Terjadi aksi profit-taking masif yang menyeret harga turun ke zona abu-abu.
Saat ini, emas sedang berjuang mati-matian menahan area support psikologis di level $4.000. Jika level ini tertembus, risiko tren bearish lanjutan akan semakin terbuka lebar.
Dengan badai sentimen makro sekencang ini, strategi apa yang sedang kalian gunakan? Kalian tim yang nunggu pantulan di bawah, atau nekat scalping memanfaatkan volatilitas? 👇
*Trading Derivatif Mengandung Risiko Tinggi
#XAU/USD# #gold# #forextrading# #technicalanalysis# #fundamentalsanalysis#
คำชี้แจง (Disclaimer) : เนื้อหาข้างต้นเป็นเพียงมุมมองของผู้เขียนแต่เพียงผู้เดียว และไม่ได้แสดงหรือสะท้อนถึงจุดยืนอย่างเป็นทางการของ Followme แต่อย่างใด Followme ไม่รับผิดชอบต่อความถูกต้อง ความครบถ้วน หรือความน่าเชื่อถือของข้อมูลที่ปรากฏ และจะไม่รับผิดชอบต่อการดำเนินการใด ๆ ที่เกิดขึ้นจากเนื้อหานั้น เว้นแต่จะมีการระบุไว้เป็นลายลักษณ์อักษรอย่างชัดเจน
